Kurap

Kurap adalah nama yang diberikan untuk infeksi kulit yang disebabkan jenis jamur tertentu yang ditandai dengan bentuk cincin kemerahan, bersisik, atau gurat-gurat panas pada kulit. Nama medisnya adalah tinea, yang meliputi jenis infeksi kurap pada kulit, rambut dan kuku.

Bentuk dan gejala kurap berbeda-beda menurut lokasinya. Jenis yang paling umum adalah kurap pedis (athlete’s foot) yang menyebabkan lecet dan gatal diantara jari kaki. Kurap korporis (kurap pada tubuh) dicirikan dengan gurat-gurat gatal pada tubuh. Gurat-gurat ini biasanya melingkar dengan tepi-tepi yang menonjol. Kurap kruris menyebabkan daerah tersebut memerah dan gatal yang menyebar dari alat kelamin ke arah luar sampai di bagian dalam paha. Kurap jenis ini lebih umum pada laki-laki.

Infeksi kurap sering kali dihubungkan dengan kurangnya kebersihan, dan oleh karenanya lebih umum ditemui di daerah-daerah dengan kondisi kehidupan yang miskin atau kotor, atau di desa, dimana kesempatan bersentuhan dengan binatang lebih besar.

Kurap Pada Kaki

Jamur penyebab infeksi ini dapat tertular dari :

- Orang lain
- Binatang
- Tanah
- Lantai kamar mandi
- Karpet
- Dan kursi

Jamur menyebar melalui spora kecil-kecil yang dapat dibawa melalui udara. Ada lebih dari 100.000 jenis jamur yang berbeda-beda di dunia. Sebagian besar tidak berbahaya atau berguna bagi kesehatan manusia, seperti ragi untuk memasang atau memanggang. Beberapa membentuk koloni di kulit, menimbulkan kurap dengan tingkat yang berbeda-beda.

Kurap cenderung timbul pada kaki (athlete’s foot) atau alat kelamin (jock itch), dimana keadaannya lembab dan membuat jamur tumbuh dengan subur. Kelembaban, udara panas dan keringat pada baju-baju nampaknya bertanggung jawab terhadap serangan yang mungkin di bagian lain tubuh.

Dokter biasanya akan mendiagnosis kurap dari bentuknya, tapi diagnosisnya harus dikonfirmasikan dengan jenis jamur yang dikenali dengan membuat kultur jaringan dari kulit dan mengirimkannya untuk dibiakkan dalam kondisi khusus di laboratorium.

Bagi sebagian besar jenis kurap, pengobatan dilakukan melalui obat-obatan anti jamur dalam bentuk krim kulit, cairan pembersih atau salep. Namun, untuk infeksi yang tersebar luas, atau yang menyerang rambut atau kuku, obat anti jamur dalam bentuk tablet mungkin diperlukan.

Penderita akan dinasihati untuk melanjutkan pengobatan selama beberapa waktu setelah gejalanya mereda untuk mencegah munculnya kembali, tetapi biasaya pengobatan selesai dalam waktu 4-6minggu.


=====================================

>>> Super Green Plus G2 Untuk Mengobati Kurap & Penyakit Kulit Lainnya, Klik Detail disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Kurap and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>